Artikel

home / Artikel
image-museum

KILAS BALIK MUSEUM TAMBANG BATUBARA OMBILIN

14-Jan-2019

OLEH : FAHYU YERETTI

 

Tambang Batu Bara pertama di Sawahlunto yang didirikan pada tahun 1892 dan kepala tambang Batubara pertama di Sawahlunto dijabat oleh J.Wijzerman ( Periode 1892-1896). Tambang Batu Bara ini dijadikan Museum dengan nama “Museum Tambang Batubara Ombilin”.

Museum Tambang Batubara Ombilin ini banyak tersimpan benda koleksi tambang dan masih terawat sampai sekarang , Museum ini merupakan salah satu obyek wisata dan penambah pendapatan daerah Kota Sawahlunto . Wisatawan Dalam Negeri dan Wisatawan manca negara sering berkunjung melihat benda koleksi peninggalan Tambang Batubara Ombilin ini .

KOLEKSI OUT DOOR

Museum ini menyajikan berbagai koleksi di luar ruangan yang berkaitan dengan tambang batubara antara lain   :

  1. Alat untuk menggali (cutting head), memuat (table) dan mengangkut material galian ke belting kompreyor ( Alpine Minner 5512 west Alpine Actified As Complying the Appcable Equitment of 30 CFR Rode Heather

Austria) .

 

 

  1. Lokomotif Konstal chorzowska Wytwcrinia konstrukcji Stalowych).

Lokomotif Konstal ini merupakan lokomotif menggunakan mesin listrik DC yang digunakan pada tahun 1980-an sebagai alat rasau/alat angkut hasil galian tambang dari dalam lubang menuju luar tambang.

 

         

 

  1. Lori

Lori adalah alat yang digunakan untuk membawa pekerja tambang ke dalam dan ke luar lubang tambang, pekerja nggak perlu jalan kaki ke luar masuk tambang.

 

 

  1. Alat angkut material tambang.

Alat angkut material tambang merupakan sala satu alat yang digunakan untuk membawa material yang berkaitan dengan keperluan tambang dalam.

 

 

  

Ruang Enterence

Dalam Ruang Enterence, Museum  Tambang ini  di dalamnya tertata berbagai koleksi. Koleksi yang berkaitan dengan peralatan penerangan .

Pada waktu Zaman Belanda tambang batu bara ombilin telah beroperasi dengan sangat tradisional , namun peralatan yang digunakan sangat unik , saat ini koleksi tersebut  sudah menjadi benda koleksi Museum Tambang. Adapun koleksi yang berkaitan dengan peralatan penerangan antara lain:

  1. Lampu Wolf ( The Wolf Safety Lamp).

Lampu ini untuk mendeteksi gas metan dan oksigen dalam tambang, apabila lampu ini menyala terang menandakan adanya gas metan, tetapi apabila lampu ini meredup itu menandakan  gas oksigen berkurang di dalam lubangh tambang.

 

 

 

 

 

  1. Protector Lamp & Lighting Type GR6S M & Q Safety Lamp Approval n.B2/233.

Lampu ini menggunakan minyak zippo (lighter fluid) dan berfungsi sebagai alat pendeteksi gas metan dan oksigen dalam lubang tambang.

 

 

Ruang Peralatan Kantor

Museum tambang Ombilin ini juga memiliki tatanan Ruang Peralatan kantor yang dipergunakan saat Tambang Batubara Ombilin masih beroperasi dan sekarang sudah menjadi benda koleksi di Museum tersebut, antara lain :

  1. Mesin Tik

Mesin tik ini digunakan sebagai alat administrasi kantor pada perusahaan tambang Batubara Ombilin sekitar tahun 1930.

 

 

  1. Telepon Engkol.

Telepon Engkol ini berfungsi sebagai alat komunikasi di kantor maupun di lapangan dan uniknya telepon engkol ini penggunaannya dengan cara memutar engkol telepon yang terdapat pada bagian samping telepon.

 

 

  1. Stempel TBO.

Stempel ini dipergunakan oleh Tambang Batubara Ombilin pada tahun 1970. Stempel ini gagangnya dapat dipegang dengan kelima jari.

 

 

(Fy.4)