museum

Sumatera Barat Menjadi Tuan Rumah Festival Pesona Budaya Minangkabau

November dan Desember akan menjadi bulan yang sibuk untuk Provinsi Sumatera Barat. Turun sebagai tuan rumah pada pembukaan Tour de Singkarak (TdS) 2017, Kabupaten Tanah Datar akan kembali menjadi tuan rumah acara lain yakni pada acara Festival Pesona Budaya Minangkabau dari tanggal 29 November sampai 3 Desember 2017.

Lokasi festival akan di selenggarakan di Istano Basa Pagaruyung dan akan menampilkan 10 macam jenis kegiatan.

"Acara ini akan dihadiri oleh perwakilan dari 19 kabupaten dan kota di Nusa Tenggara Barat, Riau dan Jambi serta perwakilan dari negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Kami telah mengundang Negeri Sembilan dan Johor Bahru, merekea telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan tampil di acara tersebut, "kata Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi.

Selain itu, 40 turis Malaysia juga telah menginformasikan kehadiran mereka, dan akan melakukan penerbangan langsung dari Kuala Lumpur ke Padang.

Beberapa kegiatan yang akan dipresentasikan dalam festival tersebut adalah Arakan Jamba, Makan Bajamba, Pertunjukan Seni Tanah Datar, Malaysia dan Budaya Melayu Riau, Pagaruyuang, Pameran Foto Budaya Minangkabau dan Pacu Jawi.

Salah satu yang menjadi sorotan utama dari perayaan tersebut adalah penyerahan rekor MURI untuk 1111 Dulang Jamba.

"Upacara serah terima akan disertai dengan kavaleri tari Jamba," tambah Irdinansyah.

Pengunjung juga akan belajar tentang sistem matrilineal di Matrilineal Exhibition. Ini adalah sistem yang mengatur kehidupan dan ketertiban masyarakat yang bersatu melalui garis keluarga ibu.

Pameran ini akan menampilkan peninggalan layar dari Balai Arkeologi Medan, Museum Presiden Bogor, Balai Pelestarian Budaya Gorontalo, Balai Pelestarian Budaya Bali, Balai Manusia Purba Sangiran, Balai Konservasi Candi Borobudur, Jawa Timur dan Samarinda

Sumber: https://www.goodnewsfromindonesia.id/2017/11/21/sumatera-barat-menjadi-tuan-rumah-festival-pesona-budaya-minangkabau

 

 

Berita Lainnya

© Museum Adityawarman 2014- 2018. All rights reserved.