museum

Museum Adityawarman Pamerkan 150 Koleksi Budaya Mentawai

PADANG-Museum Adityawarman Padang, Sumatera Barat menggelar Pameran Budaya Mentawai mulai 16 Agustus 2017 hingga awal 2018. Acara ini memamerkan 150 koleksi budaya Mentawai baik itu foto, benda budaya dan visual serta reflika.

Kepala Museum Adityawarman, Adi Saputra, mengatakan masyarakat Mentawai merupakan etnis yang berdomisili sebuah pulau yang eksotik, punya kekayaan alam, panorama yang cukup indah dan wisata laut yang menawan sehingga banyak menarik kunjungan wisatawan mancanegara untuk berselancar.

"Masyarakat Mentawai ini adalah masyarakat pedalaman yang harus dimunculkan ke permukaan kekayaan budayanya agar masyarakat seluruh dunia tahu bahwa di Sumaterra Barat ada sebuah etnis atau sebuah suku namanya Mentawai," ujarnya saat pembukaan, Rabu (16/8/2017)

Pameran ini akan menampilkan miniatur uma (rumah tradisional) Mentawai, perangkat-perangkat yang dipakai saat upacara adat dan peralatan tradisional yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari. "Pameran ini sampai awal 2018, ada sebanyak 150 koleksi yang kita miliki kita pasang terdiri 90 persen koleksi peralatan dalam budaya dan 40 persen koleksi foto dan video Mentawai," katanya.

Sementara Direktur Yayasan Citra Mandiri Mentawai (YCMM), Rifai, memberikan apresiasi kepada Museum Adityawarman yang telah memperkenalkan masyarakat Mentawai ke masyarakat Sumbar. "Dengan begini menjadi media bagi orang tidak sempat ke Mentawai mengenal Mentawai lebih dekat melalui perantara pameran ini," katanya.

Ia berharap banyak yang berkunjung ke pameran ini dan kemudian orang-orang semakin tahu seperti apa Mentawai, kemudian terbangun pemahaman pengetahunan soal Mentawai dan budayanya. "Juga menciptakan keterikatan orang darat dan pulau," ujarnya.

Saat pembukaan pameran, rombongan siswa SD hingga SMP ikut hadir dan mereka antusias melihat alat-alat budaya Mentawai.

Sumber: http://www.mwntawaikita.com/berita/956/museum-adityawarman-pamerkan-150-koleksi-budaya-mentawai.html

Berita Lainnya

© Museum Adityawarman 2014- 2018. All rights reserved.